KASUS
1
Presiden: Masa Upah Buruh Murah Sudah Selesai
Ribuan
buruh melakukan aksi mogok kerja, di kawasan industri Pulo gadung, Jakarta
Timur, Kamis (31/10). Aksi buruh tersebut dilakukan terkait mogok kerja
nasional yang akan dilakukan hingga 1 November untuk menuntut kenaikan upah
minimum provinsi (UMP) sebesar 50 persen. SP/Joanito De Saojoao. (sumber: Suara
Pembaruan)
Bogor -
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan masa upah buruh murah yang
diterapkan Indonesia sebagai salah satu keunggulan komparatif dalam bersaing
dengan negara-negara lain sudah selesai."Saya katakan buruh murah sudah selesai. Tidak boleh jadikan keunggulan komparatif," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam silaturahim dengan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Istana Bogor, Senin (4/11).
Silaturahim tersebut dihadiri oleh para pengurus Kadin serta sejumlah pejabat. Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, beserta jajaran menteri-menterinya.
Diantaranya Meteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Doko Suyanto.
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.
Presiden mengungkapkan, buruh layak untuk sejahtera. Namun demikian, penentuan upah buruh juga harus rasional mempertimbangkan kondisi dan situasi ekonomi perusahaan.
Presiden mengungkapkan kedua belah pihak (pengusaha dan buruh) dapat duduk bersama untuk memecahkan masalah kenaikan upah buruh yang saling menguntungkan. Apabila telah ada keputusan maka harus dapat dijalankan bersama.
Namun demikian, presiden mengecam tindakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah upah yang membuat pengusaha dan buruh merugi.
"Peningkatan upah buruh dengan kemampuan dunia usaha, bicarakan baik - baik. Ketemu, dijalankan. Ketika sudah berjalan, jangan disegel, kita ingin buruh sejahtera, perusahaan juga tidak ada PHK. Jangan dibiarkan kalau ada kekerasan yang tidak perlu," kata presiden.
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Presiden juga menyuerukan sinergi baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dunia usaha dalam memperkuat perekonomian nasional.
Penulis: /YUD
Analisis
Aksi
mogok kerja merupakan hal yang dipelopori oleh pihak tertentu untuk mengambil
sebuah keuntungan,menurut saya hal ini tidak perlu ada karena sebuah perusahaan
hanya menyediaakan suatu bahan produksi yang dikelola dengan menghasilkan suatu
produk, menurut saya,jika seorang pekerja PT ingin menghasilkan pendapatan yang
besar dan ingin meningkat taraf hidupnya janganlah dia bekerja
diperusahaan-perusahaan melaikan seseorang karyawan tersebut membuka usaha
karena hal tersebut akan menjadi peluang yang besar.
KASUS 2
INKLUSI KEUANGAN
Perbankan Nirkantor,Sebuah Babak Baru
ANDREAS MARYOTO
KOMPAS 23 0KTOBER 2013
Perubahan di industri perbankan tidak lagi
hanya bersifat evolusioner,tetapi revosioner mulai dari jenis produknya hingga
belakangan memasuki digitalisasi melalui digital elektronik untuk
layanannya.sebenarnya usaha inklusi keuangan sudah lama ada.beberapa cara sudah
dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan akses keuangan.perbankan tidak
lagi berkantor disatu tempat yang jauh dari nasabahnya,tetapi masuk langsung
kelokasi nasabah, sepeti pasar.bahkan,ada juga perbankan yang membuat layanan
bergerak agar bisa mendekatkan diri dengan nasabah.
Akses perkreditan untuk masyarakat bawah
juga sudah lama ada,tetapi pada umumnya berbasis pada proyek dan program pemerintah,seperti
kredit candak ulak,kredit usaha tani dan kredit pertahanan pangan.masalah
muncul ketika kredit ini ternyata dianggap sebagai bantuan atau pemberian dari
pemerintah sehingga upaya ini masih jauh dari keinginan untuk mendekatkan
masyarakat dengan perbankan.
Salah satu titik pijak inklusi keuangan yang
baru adalah ketika dalam sebuah acara pada september 2010 Presiden SBY mengajak
masyarakat internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan
inovasi inklusi keuangan.melalui inklusi keuangan yang inovatif,diharapkan
semakin banyak masyarakat miskin yang terjangkau pelayanan jasa keuangan
sehingga memiliki kesempatan hidup lebih sejahtera.inklusi keuangan ini akan
menghubungkan kelompok masyarakat yang terkucilkan dari ekonomi formal ke
akses ekonomi yang terjangkau.
Kini,program inklusi keuangan lebih bertumpu
pada mekanisme perbankan murni dan bantuan perangkat teknologi informasi yang
menjadi tulang punggung dalam upaya menjangkau masyarakat agar mempunyai akses
ke perbankan disini, yang berlaku adalah suku bunga pasar, tetapi perbankan
tidak lagi berada di awang-awang.
Mereka mendekatkan diri dengan masyarakat
agar bisa diakses tidak hanya itu perbankan juga mempunyai misi untuk
mengedukasi masyarakat agar memahami dunia keuangan perbankan akan masuk
kewilayah yang sama sekali tidak mengenai bank, bahkan mereka adalah yang
selama ini sama sekali tidak bersentuhan dengan bank.potensi pasar di wilayah
itu masih besar karena setidaknya baru 20 persen penduduk indonesia yang mengakses
perbankan.
Setelah berbagai upaya inklusif diatas,kini
perbankan mencoba upaya baru.saat ini ada lima bank yang mengikuti program
percontohan dalam inklusi keuangan melalui perbankan Nirkantor(Branchless
banking).dalam waktu dekat,mereka akan melaporkan hasil dari percontohan itu ke
Bank Indonesia sebelum bank sentral ini mengeluarkan kebijakan terkait dengan
Perbankan Nirkantor itu.
ANALISIS
Merupakan suatu progam yang dicetuskan oleh
Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan september tahun 2010.progam
ini dibuat bertujuan umtuk mengajak masyarakat internasional membrantas
kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan.melalui
inklusi keuangan yang inovatif demi
mencapai masyarakat yang sejahtera.
Dengan adanya progam inklusi keuangan ini,
diharapkan pihak-pihak ataupun penyelengara banyak melakukan pendekatan ke
masyarakat, memberi pengetahuan atas program maksud dan tujuan progam tersebut
,dengan cara penyelengara banyak peyuluhan di setiap daerah, agar mempermudah
memahami progam tersebut. selain itu juga memberikan modal yang bunganya
relatif kecil dengan proses yang tidak dipersulit.
sebenarnya usaha inklusi keuangan sudah lama
ada.beberapa cara sudah dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan akses
keuangan.perbankan tidak lagi berkantor disatu tempat yang jauh dari
nasabahnya,tetapi masuk langsung kelokasi nasabah, sepeti pasar.bahkan,ada juga
perbankan yang membuat layanan bergerak agar bisa mendekatkan diri dengan
nasabah. Salah satu titik pijak inklusi keuangan yang baru adalah ketika dalam
sebuah acara pada september 2010 Presiden SBY mengajak masyarakat internasional
membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan.
KASUS 3
BUMN
LUMAYAN, TETAPI TIDAK SEMUA
M CLARA WRESTI
KOMPAS 23 OKTOBER 2013
Penyelenggara sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau
sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892
triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank umum.bank umum megucurkan kredit
Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak ketiga yang dihimpun mencapai
Rp.3.374 baru saja Selesai.semuanya berjalan dengan baik.keberhasilan
penyelenggaraan ini tidak lepas dari peran badan usaha milik negara yang sangat
aktif mengambil bagian dari perhelaan akbar itu.
Kehadiran infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi kelas
dunia yang digelar oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.(Telkom) menuai pujian
dari delegasi dan perserta yang hadir.kapasitas jaringan yang disediakan BUMN
bidang telekomunikasi dan Informatika ini empat kali lebih besar daripada
kapasitas jaringan dalam penyelengaraan KTT APEC di Vladivostok,Rusia, Tahun
lalu.
Disamping itu,PT. Jasa Marga Tbk,juga BUMN,telah berhasil membangun
jalan dan jembatan tol diatas teluk Benoa sehingga perjalanan kendaraan dari
Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua bisa lancar.pengbangunan tol Benoa merupakan
perkerjaan “keroyokan” BUMN karena dilakukan dan didanai oleh BUMN.
Sementara itu,PT. Angkasa Pura Satu dan PT. Angkasa Pura Dua sedang
melakukan perluasan bandara Ngurah Rai Denpasar dan Bandara
Soekarno-Hatta.sementara PT.Pelabuhan Indonesia II sedang membangun pelabuhan
kalibaru yang jadi perluasan Tg.Priuk.semua pembangunan bandara dan pelabuhan
ini tidak menggunakan APBN.melaikan menggunakan Belanja modal BUMN
masing-masing.
Pengamat BUMN yang juga mantan sekertaris kementrian BUMN Sait Didu
mengatakan, belanja modal semua BUMN mencapai Rp.2000 triliun. Badingkan dengan
pendapatan domestik bruto (PDB) yang mencapai Rp.8000 triliun jadi belanja BUMN
itu mencangkup 25-30 persen PDB kita, kata Said.
Namun,kibaran harum ternyata tidak terjadi di semua BUMN. Menteri
BUMN Dahlan Iskan dalam sebuah kesempatan mengatakan pada semester I-2013 ada
30 BUMN ini ada 6 yang kinerja nya merosot cukup nyata. “saya tidak
mengungkapkan keenam BUMN itu. Tetapi,saya berharap, kinerja semua BUMN di
tingkatkan sehingga bisa membaik di akhir tahun sekarang masih ada waktu untuk
bekerja keras, kata Dahlan.
ANALISIS
"Yang pertama adalah menggandakan
upaya sesuai dengan Bogor Goals. Kami berbagi pandangan, bahwa semua ekonomi di
APEC harus terus tumbuh," ujar SBY.
Poin yang kedua, adalah APEC sepakat mendukung perdagangan di dalam kawasan Asia Pasifik atau perdagangan antar kawasan. Ini termasuk fasilitas perdagangan, pembangunan kapasitas, dan pembentukan sistem pertdagangan multilateral. "Kami juga sepakat untuk menyukseskan konferensi WTO di Bali pada Desember 2013," jelas SBY.
Selanjutnya, para pemimpin ekonomi di Asia Pasifik ini juga sepakat untuk mempercepat pengupayaan pembangunan yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah. "Dengan konektivitas bisa mengurangi biaya," kata SBY.
Poin keempat, APEC setuju untuk bersama-sama menjaga suatu pertumbuhan ekonomi global yang berimbang dan berkelanjutan. APEC juga berkomitmen untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta pemberdayaan peran perempuan.
Sedangkan poin kelima negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk bekerjasama di bidang energi. Selanjutnya poin keenam, pemimpin ekonomi APEC ini juga mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan KTT G20.
"Ketujuh, kami mendukung perdagangan dan investasi di kawasan APEC," kata SBY.
Poin yang kedua, adalah APEC sepakat mendukung perdagangan di dalam kawasan Asia Pasifik atau perdagangan antar kawasan. Ini termasuk fasilitas perdagangan, pembangunan kapasitas, dan pembentukan sistem pertdagangan multilateral. "Kami juga sepakat untuk menyukseskan konferensi WTO di Bali pada Desember 2013," jelas SBY.
Selanjutnya, para pemimpin ekonomi di Asia Pasifik ini juga sepakat untuk mempercepat pengupayaan pembangunan yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah. "Dengan konektivitas bisa mengurangi biaya," kata SBY.
Poin keempat, APEC setuju untuk bersama-sama menjaga suatu pertumbuhan ekonomi global yang berimbang dan berkelanjutan. APEC juga berkomitmen untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta pemberdayaan peran perempuan.
Sedangkan poin kelima negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk bekerjasama di bidang energi. Selanjutnya poin keenam, pemimpin ekonomi APEC ini juga mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan KTT G20.
"Ketujuh, kami mendukung perdagangan dan investasi di kawasan APEC," kata SBY.
KASUS
4
PUSAT PERTUMBUHAN
EKONOMI ASIA YANG BERSINAR
SIMON SARANGGIH
KOMPAS 25 Oktober 13
Dibelahan lain dari trans-antlantik,keadaan
sama buruknya.ada timbunan hutang Amerika Serikat yang mencapai 16,7 triliun
Dollar AS. Lebih ironis lagi,ada keterbelahaan mendalam kongres AS yang
menyebabkan pembahasan anggaran beberapa kali terancam buntu.
Perbedaan filsafat dan ideologi republik dan
demokrat menjadi akar lain persoalan politik AS,yang berimbas ke sektor
perekonomian.ada pula unsur anarkisme tea party,pilar utama republiken,yang
memeang tidak menghendaki peran pemerintah dalam hal apapun.setidakya,selama
demokrat berkuasa atau hingga kekuasaan Presiden AS Barack Obama berakhir pada
2016,bentrokan tampak tidak bisa dieliminasi.
“mesin telah rusak... warga tidak bisa
memiliki gambaran jelas apakah negara ini bisa diselamatkan atau tidak,”kata
senator Ricard J Durbin(Demokrat –II-lionis)dalam vidio disitus New York times
edisi 13 oktober.ini dia dikatakan setelah kegagalan negoisasi antara
repobliken dan demokrat untuk mengakhiri penutupan kegiatan pemerintahan dan
pencapai kesepakatan anggaran.
Tampaknya republiken,terutama akibat
dorongan tokoh utama Tea party,Tedcruz,senator republiken asal texas,tidak
ingin membiarkan Obama meliliki reputasi besar soal pemerintahan.”itulah yang
mereka inginkan pemerintahan tidak jalan,”kata ketua senat As haryy ried.
Lepas dari itu, borok-borok ekonomi trans-atlantik
sudah mengakar dalam.trans-atlantik sudah mengidap penyakit akud ekonomi
ditandai krisis demi krisis sejak 2001.sejak awal dekade 2000,tercatat
fluktuasi ekonomi yang dipicu letupan-letupan krisis kepercayaan dibelahan
trans-atlantik.
Itulah penyebab perekonomian global
mengalami fluktuasi besar sepanjang dekade 2000-an.hal ini turut mempengaruhi
ekspor asia,yang banyak ditunjukan ke trans-atlantik.karena itu, pada gejolak
selanjutnya,bisa dikatakan tidak aman dari gejolak trans-atlantik.
ANALIS
Ekonomi Indonesia bisa tumbuh pesat
dan maju dengan dukungan ekspor sumber daya alam dan industrialisasinya. Selain
itu, kedekatan Indonesia dengan China bisa menguntungkan apabila bisa
meningkatkan kapasitas manufakturnya dengan produk yang nilai tambahnya tinggi,
sehingga bisa memasok kebutuhan China akan barang modal dan penolong. Oleh
karena itu, Indonesia harus bisa mengatasi masalah ekonominya, khususnya
infrastruktur buruk yang dihadapinya.
Masa depan yang cerah bagi Indonesia
juga diramalkan oleh Goldman Sachs yang tahun 2005 menelurkan Next Eleven
(N-11), yang diperkirakan akan memiliki kekuatan ekonomi besar seperti BRIC.
Indonesia menjadi bagian dari N-11 tersebut karena memiliki potensi untuk
menjadi ekonomi penting jika dapat menjaga pertumbuhan ekonominya yang
berkelanjutan, sehingga ekonomi Indonesia bisa berada pada posisi 14 di dunia
pada 2025, pada 2050 Indonesia bisa berada pada posisi tujuh, salah satu
kekuatan ekonomi dunia Ini berarti bahwa Indonesia memiliki potensi untuk
menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar pada masa mendatang, perlu menjaga
keberlangsungan pertumbuhan ekonominya serta mengatasi masalah ekonominya yang
masih banyak.
KASUS 5
PROGRAM KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM TAHUN 2014
KOMPAS 25 AKTOBER 2013
Memasuki era milinium ketiga dewasa
ini,Indonesia dan seluruh negara didunia memasuki era kompetisi antar-negara
yang ketat. Dapat dikatakan bahwa posisi peran suatu bangsa dalam konstelasi
perekonomian dunia akan banyak ditentukan oleh daya saingnya secara relatif terhadap
bangsa lain.semakin baik daya saing suatu bangsa maka semakin diperhitungkan
pula peran dan posisi bangsa tersebut serta semakin besar peluang untuk
investasi asing, salah satru faktor yang menentukan daya asing nasional adalah
ketersediaan dan kualitas infra strukturnya.
Bagi indonesia, infrastruktur merupakan
salah satu motor pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan daya
saing di dunia internasional.memalui kebijakan dan komitmen pembangunan
infrastruktur yang tepat,maka hal tersebut diyakini dapat membantu mengurangi
masalah kemiskinan,mengatasi persoalan kesenjangan antar-kawasan maupun
antar-wilayah,memperkuat ketahanan pangan,dan mengurangi tekanan urbanisasi
yang secara keseluruhan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Pembangunan infrastruktur pekerjaan umum dan
pemukiman mempunyai manfaat langsung untuk peningkatan taraf hidup masyarakat
dan kualitas lingkungan, karena semenjak tahap kontruksi telah dapat
menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekaligus menggerakan sektor
rill.sementara pada layanan,berbagi multiplier ekonomi dapat dibangkitkan
melalui kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur. infrastruktur
pekerjaan umum dan permukiman yang telah terbangun tersebut pada akhirnya juga
akan dapat memperbaiki kualitas permukiman.disamping itu, infrastruktur PU dan
permukiman juga berperan sebagai pendukung kelancaran kegiatan sektor
pembangunan lainnya antara lain sektor pertanian, industri,ke;autan dan
perikanan.pembangunan infrastruktur PU dan pemukiman karenanya berperan sebagai
stimulan dalam mendukung perkembangan ekonomi wilayah yang signifikan.
ANALISIS
Program kementrian umum tahun 2014
melakukan Alokasi tersebut akan dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai
program, antara lain:
(1) program modernisasi alutsista dan
nonalutsista/sarana dan prasarana matra darat;
(2) program modernisasi alutsista
dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas sarana dan prasarana matra udara;
(3) program modernisasi alutsista
dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas sarana dan prasarana matra laut;
(4) program pengembangan teknologi
dan industri pertahanan; dan
(5) program modernisasi
alutsista/nonalustista/sarpras integratif.
KASUS
6
RAPBN 2014
IRONI ANGGARAN NEGARA KAYA
GIANIE
KOMPAS, 25 0KTOBER 2013
Paket kebijakan pemerintah pada 22 agustus
lalu untuk merendam pemburukan otonomi akan perpengaruh pada pendapatan negara
tahun 2014.jika tidak hati-hati,keseimbangan primer bisa membengkak dari yang
sudah direncanakan dalam RAPBN 2014.disisi lain,alokasi belanja negara memperlihatkan
ironi pemerintah.
Sejak tahun 2012, keseimbangan primer
anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN),yakni pendapatan dikurangi
belanja diluar pembayaran utang,sudah minus.meskipun rasio devisit anggaran
terhadap produk domestik bruto (PDB) masih dalam batas aman (kurang dari 3%),
keseimbangan primer yang negatif menjadi sinyal tidak sehatnya APBN.
Dalam RAPBN 2014, pemerintah memperkirakan
keseimbangan primer masih minus dengan angka lebih kecil,yakni Rp. 34,7 triliun
tahun 2012 keseimbangan primer devisit Rp.52,8 triliun yang membengkak minus
Rp.111,752.8 triliun pada APBN perubahan 2013.
Ada dua cara mengatasi devisit keseimbangan
primer : menambah pendapatan atau efesiensi belanja.cara pertama akan
bertabrakan dengan beberapa kebijakan ekonomi pemerintahan untuk menyelamatkan
perekonomian akibat merosotnya nilai tukar rupiah dan saham.
Kebijakan pengangguran pajak sebagau
insentif industri padat karya dan penghapusan pajak penjualan atas barang mewah
jelas akan mempengaruhi pendapatan negara.ditambah pula dengan pemberian
insentif tax holiday untuk mepercepat investasi berbasis agro, minyak sawit
mentah (CPO) , kakao, rotan, mineral logam,bauksit,dan tembaga.apalagi jika
membengkak,menurunnya sumber pendapatan akan memperbesar devisit keseimbangan
primer.
Pendapatan negara dalam RAPBN 2014
direncanakan Rp.1662,5 triliun ,naik hampir 11 persen dari APBN-P 2013.sekitar
80 persen pendapatan tetap berasal dari penerimaan pajak ,yakni Rp.1.30,2
triliun,tren penerimaan selalu meningkat,kali ini 14 persen dengan laju agak
menurun.penerimaan dari pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai menyadi
sumber penyumbang terbesar.
ANALISIS
Alokasi
tersebut akan dimanfaatkan untuk
melaksanakan berbagai program dengan output antara lain: (1) tercapainya
jumlah dosen PNS yang menerima tunjangan
profesi sebanyak 47.896 dosen, dan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APKPT) 19-23 tahun sebesar
26,7 persen, serta tercapainya satker
penerima dana masyarakat sebanyak 103 satker; (2) tercapainya jumlah
siswa SD/SDLB dan SMP/SMPLB penerima
subsidi siswa miskin sebanyak 8.062.561 siswa dan 2.893.187 siswa; (3)
tercapainya peserta didik SMA/SMK yang mendapatkan BOS SMA sebanyak 4.384.026
siswa dan BOS SMK sebanyak 4.303.201 siswa serta jumlah peserta didik SMA dan
SMK yang mendapat BSM sebanyak 759.975 siswa dan 937.000 siswa;
(4)
tercapainya jumlah anak putus sekolah
dan lulus sekolah menengah tidak melanjutkan yang mendapatkan layanan
pendidikan keterampilan berbasis kecakapan hidup, bersertifikat, dan bekerja
sebesar 19 persen; (5) tercapainya pendidik tenaga kependidikan yang mengikuti
peningkatan kompetensi dan profesionalisme di bidang pertanian dan perikanan
sebesar 70 persen; dan (6) tercapainya jumlah masyarakat yang mengapresiasi
cagar budaya sebanyak 68.114 orang dan jumlah koleksi museum yang dikelola sebanyak 13.073 koleksi.
KASUS
7
PERBANKAN
INDONESIA,
PASAR
YANG MENGGODA
KOMPAS,25 OKTOBER 2013
Ini gambaran perbankan di indonesia per
triwulan II-2013 berdasarkan data bank indonesia.ada 120 bank umum,konvensional
dan syariah,dengan jumlah kantor 17.504 dan aset Rp 4.461 triliun.jumlah itu
masih ditambah 1.641 triliun bank perkreditan rak yat,kovensional dan
syarih,dengan 4.568 kantor dan aset Rp 71,901 triliun mari kita bicara tentang
bank umum yang skalanya lebih besar.
tanpa menafikan keberadaan bank perkreditan
rakyat,yang diarahkan untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas di sejumlah
daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai
14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank
umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak
ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374 triliun indonesia memiliki 250 juta
penduduk yang tersebar dari sabang dari mauroke dari miangas sampe pulau rote.
Sekitar 11,6 persennya termaksud kelompok
masyarakat miskin dengan keterbatasan akses informasi,infrastruktur terbatas,dan
pendidikan yang belum merata,akses terhadap institusi keuangan juga belum
menyeluruh jangankan akses,informasi mengenai layanan institusi keuangan formal
masih sangat terbatas berdasarkan data global financial inclution indeks dunia
2011, baru sekitar 20 persen penduduk indonesia berusia diatas 15 tahun yang
memiliki akun atau rekening dilembaga keuangan formal.adapun yang memiliki
simpanan di lembaga keuangan baru sekitar 15 persen dari jumlah penduduk
indonesia yang berusia diatas 15 tahun.
Padahal,indonesia adalah negara yang
pertumbuhan ekonoinya cukup di perhatikan saat ini.bank dunia memperkirakan
produk domestik bruto indonesia akan tumbuh 5,6 persen tahun ini dan 5,3 persen
tahun 2014.dari sisi jumlah kelas menengah diindonesia, juga terus meningkat.bedasarkan
data bank dunia, kelas menengah diindonesia sekitar 37,7 persen dari jumlah
penduduk indonesia pada tahun 2003 yang meningkat pesat menjadi 56,5 persen
pada tahun 2010.dengan demikian,tahun 2010 ada sekitar 100 juta penduduk
indonesia yang pengeluarannya 2,20 Dollar AS atau Rp. 20.000-Rp 200.000
perhari.
ANALISIS
“Indonesia pasar yang menggoda”mungkin anda
bingung dengan maksud kalimat tersebut.mengapa indonesia bisa disebut pasar
yang menggoda,hal ini terjadi karena per tiap tahunnya dari jumlah kelas
menengah diindonesia mengalami peningkatan dalam taraf ekonomi,dan segala
kelebihan indonesia adalah pasar bagi industri tidak saja indrustri gadget,pakaian
bermerk,mobil sport,tetapi indonesia juga menjadi pasar bagi indrustri
perbankan.
KASUS 8
Bappenas: Presiden Baru Harus Sempurnakan Program MP3EI
Pekerja Indonesia membangun jembatan dan
jalan tol dalam rangka pertumbuhan ekonomi dan Masterplan Percepatan dan
Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). (sumber: AFP)
Bogor- Wakil Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Lukita Dinarsyah Tuwo berharap presiden baru yang nantinya terpilih melalui
pemilihan umum (Pemilu) tahun depan, dapat melanjutkan dan menyempurnakan
program pemerintahan terdahulu terutama program Masterplan Percepatan dan
Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
Dia
mengatakan program MP3EI merupakan program yang telah dirancang khusus untuk
mempercepat realisasi perluasan pembangunan ekonomi dan pemerataan kemakmuran
di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya presiden baru harus bisa melanjutkan
dan menyempurnakan kekurangan dari program MP3EI tersebut.
"Saya
berharap siapapun nantinya yang terpilih menjadi Presiden baru tahun depan,
Presiden baru itu harus mempercepat realisasi program MP3EI bahkan sebelum
2019, proyek proyek infrastruktur dalam MP3EI sudah groundbreaking," ujar
dia ketika ditemui dalam acara " Media Gathering Bappenas di Rumah
JambuLuwuk, Bogor, baru baru ini.
Lukita
menilai jika Presiden baru mempunyai konsep atau ide lain, sebenarnya tidak
menjadi masalah asalkan ide atau konsep baru itu bisa dikombinasikan dengan
program MP3EI yang sudah ada sehingga program itu saling melengkapi. Menurutnya
Presiden baru harus bisa mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah
Indonesia Timur melalui program MP3EI.
Lukita
menjelaskan dalam program MP3EI pemerintah fokus dalam meningkatkan
perekonomian di enam koridor yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali
dan Nusa Tenggara serta Papua dan Kepulauan Maluku melalui pembangunan proyek
proyek infrastruktur. Hal itu dimaksudkan agar ke depannya pertumbuhan ekonomi
di enam koridor bisa tumbuh stabil dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi
nasional.
Lukita
menuturkan tidak hanya melanjutkan program MP3EI, presiden baru harus bisa
mendorong 9 sektor yang menjadi prioritas nasional karena 9 sektor tersebut
menyangkut kesejahteraan rakyat Indonesia. Kesembilan sektor tersebut adalah
infrastruktur, kemiskinan, pendidikan, Sumber Daya Manusia, ketahanan pangan,
energi, transportasi masal, pariwisata, dan birokrasi.
Dia
menjelaskan alokasi dana untuk kesembilan sektor tersebut juga harus seimbang,
tidak ada sektor yang menjadi prioritas kedua atau ketiga, semua sektor harus
mendapatkan porsi dana yang sama. Menurut dia, itulah yang menjadi tantangan
presiden baru ke depan, bagaimana cara mengatur alokasi dana untuk kesembilan
sektor tersebut.
Defisit neraca
Sementara itu, pekerjaan rumah yang mesti dibereskan presiden baru adalah memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan Indonesia. Menurut dia, kalau defisit neraca transaksi berjalan tidak diperbaiki kemungkinan terjadinya krisis ekonomi cukup besar. Maka dari itu ia berharap Presiden baru sudah menyusun strategi untuk mengatasi defisit neraca transaksi berjalan.
Sementara itu, pekerjaan rumah yang mesti dibereskan presiden baru adalah memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan Indonesia. Menurut dia, kalau defisit neraca transaksi berjalan tidak diperbaiki kemungkinan terjadinya krisis ekonomi cukup besar. Maka dari itu ia berharap Presiden baru sudah menyusun strategi untuk mengatasi defisit neraca transaksi berjalan.
Ia
berpendapat strategi tersebut adalah meningkatkan kebijakan energi dengan
melakukan konversi minyak ke energi alternatif meskipun pada tahun ini
pemerintah sudah mulai menerapkan Biofuel. Menurut Lukita, presiden baru harus
bergerak cepat untuk melakukan konversi bisa dengan penggunaan angin, matahari,
air maupun gas.
"Ada
banyak pekerjaan rumah yang mesti dibereskan presiden baru, pada intinya
presiden itu harus fresh and adaptable," ujar dia
Dalam
Kesempatan yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Prasetijono Widjojo
mengatakan agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh stabil tahun depan,
realisasi belanja pemerintah harus dipercepat khususnya belanja modal. Menurut
dia setelah DPR mengetok palu dan menyetujui APBN 2014, prioritas pemerintah
adalah mempercepat realisasi belanja modal karena dengan optimalisasi belanja
modal dapat mendongkrak perekonomian.
Dia
menuturkan pemerintah jangan memakai pola lama di mana belanja modal baru
terserap dengan baik menjelang akhir tahun. Menurut dia pola tersebut harus
diubah dengan mempercepat realisasi belanja modal di awal tahun paling lambat
pertengahan tahun. (Dho)
Analisis
KASUS 9
Aturan uang muka 30% KPR di nilai tidak adil
Jakarta - Ketentuan down payment (DP) alias uang muka
30% KPR pada industri perbankan dianggap pengembang tidak adil. Alasan
pencegahan bubble dengan pengetatan aturan uang muka oleh Bank Indonesia (BI)
pun dianggap tidak masuk akal. Industri properti Indonesia jauh dari bubble
dari format pembiayaan rumah tidak kembali diagunkan seperti yang terjadi di
Amerika Serikat. Ketua Umum REI, Setyo Maharso menilai,
batasan tipe 70m2 yang terkena aturan DP 30% dianggap kurang tepat. Pasalnya
ini berlaku nasional, sedangkan skala ekonomi tiap daerah tentu berbeda.
Harga
tipe 70 m2 di pusat kota tentu berbeda dengan wilayah perbatasan atau daerah.
Ragam harga bisa terbentuk berdasarkan PDB daerah. Jakarta, Medan, ataupun
Sulawesi tentu berbeda.
"Ini tidak adil. Mereka (BI) melihat Jabodetabek.
Padahal ini berlaku seluruh Indonesia," kata Setyo di sela-sela gala
dinner perayaan ulang tahun ke-40 REI, di Manado, Sabtu (31/3/2012) malam. Ia
menambahkan, ketentuan BI harusnya berdasarkan nilai rumah dan tegas berlaku
untuk kelas menengah. Bukan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
"Dengan tipe 70 m2 di luar Jawa bisa Rp 300
juta-Rp 400 juta.
Kalau di DKI
paling dapat tipe 36 m2-40 m2. Harusnya tidak dengan luasan. Tapi harga,"
ucapnya.
"Masak
dengan harga yang jauh lebih murah dia harus DP 30%. Usulannya harusnya dipatok
harga misal Rp 700 juta atau Rp 1 miliar sekalian," paparnya.
Seperti diketahui, ketentuan DP pada KPR dan KKB
diatur dalam Surat Edaran (SE) BI Nomor 14/10/DPNP per 15 Maret 2012 tentang
penerapan manajemen risiko pada bank yang melakukan pemberian kredit
kepemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB). Aturan ini berlaku
efektif 15 Juni 2012.
·
Pengaturan Loan to
Value (LTV) pada KPR:
LTV paling tinggi 70% untuk kredit kepemilikan rumah
dengan kriteria tipe bangunan di atas 70 m2. Pengaturan mengenai LTV dikecualikan
terhadap KPR dalam rangka pelaksanaan program perumahan pemerintah. Rasio
Loan to Value (LTV) dalam Surat Edaran Bank Indonesia ini merupakan angka rasio
antara nilai kredit yang dapat diberikan oleh Bank terhadap nilai agunan pada
saat awal pemberian kredit.
ANALISIS :
Penerapan DP sebesar 30% dirasa berat oleh masyarakat.
Hal ini ditunjukkan para nasabah calon pengguna KPR meski merogoh kocek lebih
besar untuk DP alias self financing dari rumah. Ketika misalkan saja harga
rumah Rp 100 juta. Maka bank maksimal dapat memberikan pembiayaan Rp 70 juta
seiring dengan rasio LTV yang sebesar 70%. Oleh karena itu, nasabah mesti
mempunyai dana sekitar Rp 30 juta untuk DP atau self financing.
KASUS 10
Delapan Pasar Tradisional di Jember Terancam Bangkrut
Kondisi delapan pasar tradisional di Jember sungguh
memprihatinkan. Menurut catatan Dinas Pasar Pemkab Jember, setidaknya ada
delapan pasar tradisional yang terancam gulung tikar. Secara perlahan, jumlah
pedagang di delapan pasar tersebut terus berkurang. Bahkan, ada pasar
tradisional yang hanya dihuni seorang pedagang. Delapan Pasar tersebut meliputi
Pasar Tegal Boto di Jalan Nias. Hanya tinggal seorang pedagang yang tetap
eksisi di pasar itu. Kemudian, Pasar tegalboto; Pasar Sukorejo; Pasar Tegal
Besar: Pasar Petung, Kecamatan Bangsalsari; Pasar Sukosari, Kecamatan Sukowono;
Pasar Menampu, Kecamatan Gumukmas; Pasar Patrang; dan Pasar Bungur Kecamatan
Patrang.
Menurut Kepala Dinas Pasar Jember Hasi Madani, jumlah pedagang
di delapan pasar tradisional tersebut menurun tajam. “Di Pasar
Tegalboto, hanya tinggal satu pedagang,”Ungkap Hasi. Itu sungguh
memprihatinkan. Sebab, Pasar tradisional sebelumnya menjadi pusat perdagangan
warga sekitar.
Mantan kepala dinas pendidikan itu menambahkan, pasar sukorejo
hanya dihuni sekitar 50 persen pedagang. Sementara itu, pasar Tegalbesar hanya
tinggal 30 persen, Pasar Petung 25 persen, Pasar sukosari 40 persen, Pasar
Menampu 50 persen, Pasar Patrang 50 persen, dan Pasar Bungur 50 persen. “
ANALISIS :
Sangat ironis jika melihat nasib pasar tradisional saat ini,
Banyak pasar tradisional yang terancam tutup. Mereka kini hidup segan mati tak
mau. Persaingan dengan pasar modern yang semakin menjamur dan factor lainnya
menyebabkan hal-hal diatas. Jumlah pedagang di pasar tradisional terus berkurang
karena jumlah pembeli juga berkurang. Banyak dagangan di pasar tradisional yang
tidak laku. Daripada terus merugi, banyak pedagang di pasar tradisional yang
beralih profesi atau beralih berdagang ke tempat lain. Sudah saatnya pemerintah
memperhatikan pasar tradisional dan mengoptimalkan kembali hal ini karena pasar
tradisional adalah jantung ekonomi masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar