INKLUSI KEUANGAN
Perbankan Nirkantor,Sebuah Babak Baru
ANDREAS MARYOTO
KOMPAS 23 0KTOBER 2013
Perubahan
di industri perbankan tidak lagi hanya bersifat evolusioner,tetapi revosioner
mulai dari jenis produknya hingga belakangan memasuki digitalisasi melalui
digital elektronik untuk layanannya.sebenarnya usaha inklusi keuangan sudah
lama ada.beberapa cara sudah dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan
akses keuangan.perbankan tidak lagi berkantor disatu tempat yang jauh dari
nasabahnya,tetapi masuk langsung kelokasi nasabah, sepeti pasar.bahkan,ada juga
perbankan yang membuat layanan bergerak agar bisa mendekatkan diri dengan
nasabah.
Akses
perkreditan untuk masyarakat bawah juga sudah lama ada,tetapi pada umumnya
berbasis pada proyek dan program pemerintah,seperti kredit candak ulak,kredit
usaha tani dan kredit pertahanan pangan.masalah muncul ketika kredit ini
ternyata dianggap sebagai bantuan atau pemberian dari pemerintah sehingga upaya
ini masih jauh dari keinginan untuk mendekatkan masyarakat dengan perbankan.
Salah
satu titik pijak inklusi keuangan yang baru adalah ketika dalam sebuah acara
pada september 2010 Presiden SBY mengajak masyarakat internasional membrantas
kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan.melalui
inklusi keuangan yang inovatif,diharapkan semakin banyak masyarakat miskin yang
terjangkau pelayanan jasa keuangan sehingga memiliki kesempatan hidup lebih
sejahtera.inklusi keuangan ini akan menghubungkan kelompok masyarakat yang
terkucilkan dari ekonomi formal ke akses
ekonomi yang terjangkau.
Kini,program
inklusi keuangan lebih bertumpu pada mekanisme perbankan murni dan bantuan
perangkat teknologi informasi yang menjadi tulang punggung dalam upaya
menjangkau masyarakat agar mempunyai akses ke perbankan disini, yang berlaku
adalah suku bunga pasar, tetapi perbankan tidak lagi berada di awang-awang.
Mereka
mendekatkan diri dengan masyarakat agar bisa diakses tidak hanya itu perbankan
juga mempunyai misi untuk mengedukasi masyarakat agar memahami dunia keuangan
perbankan akan masuk kewilayah yang sama sekali tidak mengenai bank, bahkan
mereka adalah yang selama ini sama sekali tidak bersentuhan dengan bank.potensi
pasar di wilayah itu masih besar karena setidaknya baru 20 persen penduduk
indonesia yang mengakses perbankan.
Setelah
berbagai upaya inklusif diatas,kini perbankan mencoba upaya baru.saat ini ada
lima bank yang mengikuti program percontohan dalam inklusi keuangan melalui
perbankan Nirkantor(Branchless banking).dalam waktu dekat,mereka akan
melaporkan hasil dari percontohan itu ke Bank Indonesia sebelum bank sentral
ini mengeluarkan kebijakan terkait dengan Perbankan Nirkantor itu.
ANALISIS
INKLUSI
KEUANGAN
Merupakan
suatu progam yang dicetuskan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan
september tahun 2010.progam ini dibuat bertujuan umtuk mengajak masyarakat
internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi
inklusi keuangan.melalui inklusi keuangan yang inovatif demi mencapai masyarakat yang sejahtera.
SOLUSI
Dengan
adanya progam inklusi keuangan ini, diharapkan pihak-pihak ataupun penyelengara
banyak melakukan pendekatan ke masyarakat, memberi pengetahuan atas program
maksud dan tujuan progam tersebut ,dengan cara penyelengara banyak peyuluhan di
setiap daerah, agar mempermudah memahami progam tersebut. selain itu juga
memberikan modal yang bunganya relatif kecil dengan proses yang tidak
dipersulit.
KESIMPULAN
sebenarnya
usaha inklusi keuangan sudah lama ada.beberapa cara sudah dilakukan untuk
membuat masyarakat mendapatkan akses keuangan.perbankan tidak lagi berkantor
disatu tempat yang jauh dari nasabahnya,tetapi masuk langsung kelokasi nasabah,
sepeti pasar.bahkan,ada juga perbankan yang membuat layanan bergerak agar bisa
mendekatkan diri dengan nasabah. Salah satu titik pijak inklusi keuangan yang
baru adalah ketika dalam sebuah acara pada september 2010 Presiden SBY mengajak
masyarakat internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan
inovasi inklusi keuangan
BUMN
LUMAYAN, TETAPI TIDAK SEMUA
M CLARA WRESTI
KOMPAS 23 OKTOBER 2013
Penyelenggara
sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun
dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106
bank umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak
ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374 baru saja Selesai.semuanya berjalan
dengan baik.keberhasilan penyelenggaraan ini tidak lepas dari peran badan usaha
milik negara yang sangat aktif mengambil bagian dari perhelaan akbar itu.
Kehadiran
infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi kelas dunia yang digelar oleh
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.(Telkom) menuai pujian dari delegasi dan
perserta yang hadir.kapasitas jaringan yang disediakan BUMN bidang telekomunikasi
dan Informatika ini empat kali lebih besar daripada kapasitas jaringan dalam
penyelengaraan KTT APEC di Vladivostok,Rusia, Tahun lalu.
Disamping
itu,PT. Jasa Marga Tbk,juga BUMN,telah berhasil membangun jalan dan jembatan
tol diatas teluk Benoa sehingga perjalanan kendaraan dari Benoa-Ngurah Rai-Nusa
Dua bisa lancar.pengbangunan tol Benoa merupakan perkerjaan “keroyokan” BUMN
karena dilakukan dan didanai oleh BUMN.
Sementara
itu,PT. Angkasa Pura Satu dan PT. Angkasa Pura Dua sedang melakukan perluasan
bandara Ngurah Rai Denpasar dan Bandara Soekarno-Hatta.sementara PT.Pelabuhan
Indonesia II sedang membangun pelabuhan kalibaru yang jadi perluasan
Tg.Priuk.semua pembangunan bandara dan pelabuhan ini tidak menggunakan
APBN.melaikan menggunakan Belanja modal BUMN masing-masing.
Pengamat
BUMN yang juga mantan sekertaris kementrian BUMN Sait Didu mengatakan, belanja
modal semua BUMN mencapai Rp.2000 triliun. Badingkan dengan pendapatan domestik
bruto (PDB) yang mencapai Rp.8000 triliun jadi belanja BUMN itu mencangkup
25-30 persen PDB kita, kata Said.
Namun,kibaran
harum ternyata tidak terjadi di semua BUMN. Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam
sebuah kesempatan mengatakan pada semester I-2013 ada 30 BUMN ini ada 6 yang
kinerja nya merosot cukup nyata. “saya tidak mengungkapkan keenam BUMN itu.
Tetapi,saya berharap, kinerja semua BUMN di tingkatkan sehingga bisa membaik di
akhir tahun sekarang masih ada waktu untuk bekerja keras, kata Dahlan.
ANALISIS
"Yang pertama adalah menggandakan upaya sesuai
dengan Bogor Goals. Kami berbagi pandangan, bahwa semua ekonomi di APEC harus
terus tumbuh," ujar SBY.
Poin yang kedua, adalah APEC sepakat mendukung perdagangan di dalam kawasan Asia Pasifik atau perdagangan antar kawasan. Ini termasuk fasilitas perdagangan, pembangunan kapasitas, dan pembentukan sistem pertdagangan multilateral. "Kami juga sepakat untuk menyukseskan konferensi WTO di Bali pada Desember 2013," jelas SBY.
Selanjutnya, para pemimpin ekonomi di Asia Pasifik ini juga sepakat untuk mempercepat pengupayaan pembangunan yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah. "Dengan konektivitas bisa mengurangi biaya," kata SBY.
Poin keempat, APEC setuju untuk bersama-sama menjaga suatu pertumbuhan ekonomi global yang berimbang dan berkelanjutan. APEC juga berkomitmen untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta pemberdayaan peran perempuan.
Sedangkan poin kelima negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk bekerjasama di bidang energi. Selanjutnya poin keenam, pemimpin ekonomi APEC ini juga mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan KTT G20.
"Ketujuh, kami mendukung perdagangan dan investasi di kawasan APEC," kata SBY.
Poin yang kedua, adalah APEC sepakat mendukung perdagangan di dalam kawasan Asia Pasifik atau perdagangan antar kawasan. Ini termasuk fasilitas perdagangan, pembangunan kapasitas, dan pembentukan sistem pertdagangan multilateral. "Kami juga sepakat untuk menyukseskan konferensi WTO di Bali pada Desember 2013," jelas SBY.
Selanjutnya, para pemimpin ekonomi di Asia Pasifik ini juga sepakat untuk mempercepat pengupayaan pembangunan yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah. "Dengan konektivitas bisa mengurangi biaya," kata SBY.
Poin keempat, APEC setuju untuk bersama-sama menjaga suatu pertumbuhan ekonomi global yang berimbang dan berkelanjutan. APEC juga berkomitmen untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta pemberdayaan peran perempuan.
Sedangkan poin kelima negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk bekerjasama di bidang energi. Selanjutnya poin keenam, pemimpin ekonomi APEC ini juga mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan KTT G20.
"Ketujuh, kami mendukung perdagangan dan investasi di kawasan APEC," kata SBY.
PUSAT PERTUMBUHAN
EKONOMI ASIA YANG BERSINAR
SIMON SARANGGIH
KOMPAS 25 Oktober 13
Dibelahan
lain dari trans-antlantik,keadaan sama buruknya.ada timbunan hutang Amerika
Serikat yang mencapai 16,7 triliun Dollar AS. Lebih ironis lagi,ada
keterbelahaan mendalam kongres AS yang menyebabkan pembahasan anggaran beberapa
kali terancam buntu.
Perbedaan
filsafat dan ideologi republik dan demokrat menjadi akar lain persoalan politik
AS,yang berimbas ke sektor perekonomian.ada pula unsur anarkisme tea
party,pilar utama republiken,yang memeang tidak menghendaki peran pemerintah dalam
hal apapun.setidakya,selama demokrat berkuasa atau hingga kekuasaan Presiden AS
Barack Obama berakhir pada 2016,bentrokan tampak tidak bisa dieliminasi.
“mesin
telah rusak... warga tidak bisa memiliki gambaran jelas apakah negara ini bisa
diselamatkan atau tidak,”kata senator Ricard J Durbin(Demokrat –II-lionis)dalam
vidio disitus New York times edisi 13 oktober.ini dia dikatakan setelah
kegagalan negoisasi antara repobliken dan demokrat untuk mengakhiri penutupan
kegiatan pemerintahan dan pencapai kesepakatan anggaran.
Tampaknya
republiken,terutama akibat dorongan tokoh utama Tea party,Tedcruz,senator
republiken asal texas,tidak ingin membiarkan Obama meliliki reputasi besar soal
pemerintahan.”itulah yang mereka inginkan pemerintahan tidak jalan,”kata ketua
senat As haryy ried.
Lepas
dari itu, borok-borok ekonomi trans-atlantik sudah mengakar
dalam.trans-atlantik sudah mengidap penyakit akud ekonomi ditandai krisis demi
krisis sejak 2001.sejak awal dekade 2000,tercatat fluktuasi ekonomi yang dipicu
letupan-letupan krisis kepercayaan dibelahan trans-atlantik.
Itulah
penyebab perekonomian global mengalami fluktuasi besar sepanjang dekade
2000-an.hal ini turut mempengaruhi ekspor asia,yang banyak ditunjukan ke
trans-atlantik.karena itu, pada gejolak selanjutnya,bisa dikatakan tidak aman
dari gejolak trans-atlantik.
ANALIS
Ekonomi
Indonesia bisa tumbuh pesat dan maju dengan dukungan ekspor sumber daya alam
dan industrialisasinya. Selain itu, kedekatan Indonesia dengan China bisa
menguntungkan apabila bisa meningkatkan kapasitas manufakturnya dengan produk
yang nilai tambahnya tinggi, sehingga bisa memasok kebutuhan China akan barang
modal dan penolong. Oleh karena itu, Indonesia harus bisa mengatasi masalah
ekonominya, khususnya infrastruktur buruk yang dihadapinya.
Masa depan
yang cerah bagi Indonesia juga diramalkan oleh Goldman Sachs yang tahun 2005
menelurkan Next Eleven (N-11), yang diperkirakan akan memiliki kekuatan ekonomi
besar seperti BRIC. Indonesia menjadi bagian dari N-11 tersebut karena memiliki
potensi untuk menjadi ekonomi penting jika dapat menjaga pertumbuhan ekonominya
yang berkelanjutan, sehingga ekonomi Indonesia bisa berada pada posisi 14 di
dunia pada 2025, pada 2050 Indonesia bisa berada pada posisi tujuh, salah satu
kekuatan ekonomi dunia Ini berarti bahwa Indonesia memiliki potensi untuk
menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar pada masa mendatang, perlu menjaga
keberlangsungan pertumbuhan ekonominya serta mengatasi masalah ekonominya yang
masih banyak.
PROGRAM KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM TAHUN 2014
KOMPAS 25 AKTOBER 2013
Memasuki
era milinium ketiga dewasa ini,Indonesia dan seluruh negara didunia memasuki
era kompetisi antar-negara yang ketat. Dapat dikatakan bahwa posisi peran suatu
bangsa dalam konstelasi perekonomian dunia akan banyak ditentukan oleh daya
saingnya secara relatif terhadap bangsa lain.semakin baik daya saing suatu
bangsa maka semakin diperhitungkan pula peran dan posisi bangsa tersebut serta
semakin besar peluang untuk investasi asing, salah satru faktor yang menentukan
daya asing nasional adalah ketersediaan dan kualitas infra strukturnya.
Bagi
indonesia, infrastruktur merupakan salah satu motor pendorong pertumbuhan
ekonomi nasional dan peningkatan daya saing di dunia internasional.memalui
kebijakan dan komitmen pembangunan infrastruktur yang tepat,maka hal tersebut
diyakini dapat membantu mengurangi masalah kemiskinan,mengatasi persoalan
kesenjangan antar-kawasan maupun antar-wilayah,memperkuat ketahanan pangan,dan
mengurangi tekanan urbanisasi yang secara keseluruhan bermuara pada peningkatan
kesejahteraan masyarakat.
Pembangunan
infrastruktur pekerjaan umum dan pemukiman mempunyai manfaat langsung untuk
peningkatan taraf hidup masyarakat dan kualitas lingkungan, karena semenjak
tahap kontruksi telah dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekaligus
menggerakan sektor rill.sementara pada layanan,berbagi multiplier ekonomi dapat
dibangkitkan melalui kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur.
infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman yang telah terbangun tersebut pada
akhirnya juga akan dapat memperbaiki kualitas permukiman.disamping itu,
infrastruktur PU dan permukiman juga berperan sebagai pendukung kelancaran
kegiatan sektor pembangunan lainnya antara lain sektor pertanian,
industri,ke;autan dan perikanan.pembangunan infrastruktur PU dan pemukiman
karenanya berperan sebagai stimulan dalam mendukung perkembangan ekonomi
wilayah yang signifikan.
ANALISIS
Program
kementrian umum tahun 2014 melakukan Alokasi tersebut akan dimanfaatkan untuk
melaksanakan berbagai program, antara
lain:
(1) program modernisasi alutsista dan
nonalutsista/sarana dan prasarana matra darat;
(2) program
modernisasi alutsista dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas sarana dan prasarana matra udara;
(3) program
modernisasi alutsista dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas sarana dan
prasarana matra laut;
(4) program
pengembangan teknologi dan industri
pertahanan; dan
(5) program modernisasi
alutsista/nonalustista/sarpras integratif.
RAPBN 2014
IRONI ANGGARAN NEGARA KAYA
GIANIE
KOMPAS, 25 0KTOBER 2013
Paket kebijakan pemerintah pada 22 agustus
lalu untuk merendam pemburukan otonomi akan perpengaruh pada pendapatan negara
tahun 2014.jika tidak hati-hati,keseimbangan primer bisa membengkak dari yang
sudah direncanakan dalam RAPBN 2014.disisi lain,alokasi belanja negara memperlihatkan
ironi pemerintah.
Sejak
tahun 2012, keseimbangan primer anggaran pendapatan dan belanja negara
(APBN),yakni pendapatan dikurangi belanja diluar pembayaran utang,sudah
minus.meskipun rasio devisit anggaran terhadap produk domestik bruto (PDB)
masih dalam batas aman (kurang dari 3%), keseimbangan primer yang negatif
menjadi sinyal tidak sehatnya APBN.
Dalam
RAPBN 2014, pemerintah memperkirakan keseimbangan primer masih minus dengan
angka lebih kecil,yakni Rp. 34,7 triliun tahun 2012 keseimbangan primer devisit
Rp.52,8 triliun yang membengkak minus Rp.111,752.8 triliun pada APBN perubahan
2013.
Ada
dua cara mengatasi devisit keseimbangan primer : menambah pendapatan atau
efesiensi belanja.cara pertama akan bertabrakan dengan beberapa kebijakan
ekonomi pemerintahan untuk menyelamatkan perekonomian akibat merosotnya nilai
tukar rupiah dan saham.
Kebijakan
pengangguran pajak sebagau insentif industri padat karya dan penghapusan pajak
penjualan atas barang mewah jelas akan mempengaruhi pendapatan negara.ditambah
pula dengan pemberian insentif tax holiday untuk mepercepat investasi berbasis
agro, minyak sawit mentah (CPO) , kakao, rotan, mineral logam,bauksit,dan
tembaga.apalagi jika membengkak,menurunnya sumber pendapatan akan memperbesar
devisit keseimbangan primer.
Pendapatan
negara dalam RAPBN 2014 direncanakan Rp.1662,5 triliun ,naik hampir 11 persen
dari APBN-P 2013.sekitar 80 persen pendapatan tetap berasal dari penerimaan
pajak ,yakni Rp.1.30,2 triliun,tren penerimaan selalu meningkat,kali ini 14
persen dengan laju agak menurun.penerimaan dari pajak penghasilan dan pajak
pertambahan nilai menyadi sumber penyumbang terbesar.
ANALISIS
Alokasi tersebut akan
dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai
program dengan output antara lain: (1) tercapainya jumlah dosen PNS yang menerima tunjangan profesi
sebanyak 47.896 dosen, dan Angka Partisipasi
Kasar Perguruan Tinggi (APKPT) 19-23 tahun sebesar 26,7 persen, serta
tercapainya satker penerima dana
masyarakat sebanyak 103 satker; (2) tercapainya jumlah siswa SD/SDLB dan SMP/SMPLB penerima subsidi siswa miskin
sebanyak 8.062.561 siswa dan 2.893.187 siswa; (3) tercapainya peserta didik
SMA/SMK yang mendapatkan BOS SMA sebanyak 4.384.026 siswa dan BOS SMK sebanyak
4.303.201 siswa serta jumlah peserta didik SMA dan SMK yang mendapat BSM
sebanyak 759.975 siswa dan 937.000 siswa;
(4) tercapainya jumlah
anak putus sekolah dan lulus sekolah
menengah tidak melanjutkan yang mendapatkan layanan pendidikan keterampilan
berbasis kecakapan hidup, bersertifikat, dan bekerja sebesar 19 persen; (5) tercapainya
pendidik tenaga kependidikan yang mengikuti peningkatan kompetensi dan
profesionalisme di bidang pertanian dan perikanan sebesar 70 persen; dan (6)
tercapainya jumlah masyarakat yang mengapresiasi cagar budaya sebanyak 68.114
orang dan jumlah koleksi museum yang
dikelola sebanyak 13.073 koleksi.
PERBANKAN
INDONESIA,
PASAR
YANG MENGGODA
KOMPAS,25 OKTOBER 2013
Ini
gambaran perbankan di indonesia per triwulan II-2013 berdasarkan data bank
indonesia.ada 120 bank umum,konvensional dan syariah,dengan jumlah kantor
17.504 dan aset Rp 4.461 triliun.jumlah itu masih ditambah 1.641 triliun bank perkreditan
rak yat,kovensional dan syarih,dengan 4.568 kantor dan aset Rp 71,901 triliun
mari kita bicara tentang bank umum yang skalanya lebih besar.
tanpa
menafikan keberadaan bank perkreditan rakyat,yang diarahkan untuk menjangkau
masyarakat secara lebih luas di sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank
umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892
triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank umum.bank umum megucurkan kredit
Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak ketiga yang dihimpun mencapai
Rp.3.374 triliun indonesia memiliki 250 juta penduduk yang tersebar dari sabang
dari mauroke dari miangas sampe pulau rote.
Sekitar
11,6 persennya termaksud kelompok masyarakat miskin dengan keterbatasan akses
informasi,infrastruktur terbatas,dan pendidikan yang belum merata,akses
terhadap institusi keuangan juga belum menyeluruh jangankan akses,informasi
mengenai layanan institusi keuangan formal masih sangat terbatas berdasarkan
data global financial inclution indeks dunia 2011, baru sekitar 20 persen penduduk
indonesia berusia diatas 15 tahun yang memiliki akun atau rekening dilembaga
keuangan formal.adapun yang memiliki simpanan di lembaga keuangan baru sekitar
15 persen dari jumlah penduduk indonesia yang berusia diatas 15 tahun.
Padahal,indonesia
adalah negara yang pertumbuhan ekonoinya cukup di perhatikan saat ini.bank
dunia memperkirakan produk domestik bruto indonesia akan tumbuh 5,6 persen
tahun ini dan 5,3 persen tahun 2014.dari sisi jumlah kelas menengah
diindonesia, juga terus meningkat.bedasarkan data bank dunia, kelas menengah
diindonesia sekitar 37,7 persen dari jumlah penduduk indonesia pada tahun 2003
yang meningkat pesat menjadi 56,5 persen pada tahun 2010.dengan demikian,tahun
2010 ada sekitar 100 juta penduduk indonesia yang pengeluarannya 2,20 Dollar AS
atau Rp. 20.000-Rp 200.000 perhari.
ANALISIS
“Indonesia
pasar yang menggoda”mungkin anda bingung dengan maksud kalimat tersebut.mengapa
indonesia bisa disebut pasar yang menggoda,hal ini terjadi karena per tiap
tahunnya dari jumlah kelas menengah diindonesia mengalami peningkatan dalam
taraf ekonomi,dan segala kelebihan indonesia adalah pasar bagi industri tidak
saja indrustri gadget,pakaian bermerk,mobil sport,tetapi indonesia juga menjadi
pasar bagi indrustri perbankan.
KESIMPULAN
perbankan di indonesia per triwulan II-2013
berdasarkan data bank indonesia.ada 120 bank umum,konvensional dan
syariah,dengan jumlah kantor 17.504 dan aset Rp 4.461 triliun.jumlah itu masih
ditambah 1.641 triliun bank perkreditan rak yat,kovensional dan syarih,dengan
4.568 kantor dan aset Rp 71,901.
sejumlah
daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai
14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank
umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak
ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374
Tidak ada komentar:
Posting Komentar