Senin, 04 November 2013

tugas



INKLUSI KEUANGAN
Perbankan Nirkantor,Sebuah Babak Baru
ANDREAS MARYOTO
KOMPAS 23 0KTOBER 2013

Perubahan di industri perbankan tidak lagi hanya bersifat evolusioner,tetapi revosioner mulai dari jenis produknya hingga belakangan memasuki digitalisasi melalui digital elektronik untuk layanannya.sebenarnya usaha inklusi keuangan sudah lama ada.beberapa cara sudah dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan akses keuangan.perbankan tidak lagi berkantor disatu tempat yang jauh dari nasabahnya,tetapi masuk langsung kelokasi nasabah, sepeti pasar.bahkan,ada juga perbankan yang membuat layanan bergerak agar bisa mendekatkan diri dengan nasabah.
Akses perkreditan untuk masyarakat bawah juga sudah lama ada,tetapi pada umumnya berbasis pada proyek dan program pemerintah,seperti kredit candak ulak,kredit usaha tani dan kredit pertahanan pangan.masalah muncul ketika kredit ini ternyata dianggap sebagai bantuan atau pemberian dari pemerintah sehingga upaya ini masih jauh dari keinginan untuk mendekatkan masyarakat dengan perbankan.
Salah satu titik pijak inklusi keuangan yang baru adalah ketika dalam sebuah acara pada september 2010 Presiden SBY mengajak masyarakat internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan.melalui inklusi keuangan yang inovatif,diharapkan semakin banyak masyarakat miskin yang terjangkau pelayanan jasa keuangan sehingga memiliki kesempatan hidup lebih sejahtera.inklusi keuangan ini akan menghubungkan kelompok masyarakat yang terkucilkan dari ekonomi formal ke akses  ekonomi yang terjangkau.
Kini,program inklusi keuangan lebih bertumpu pada mekanisme perbankan murni dan bantuan perangkat teknologi informasi yang menjadi tulang punggung dalam upaya menjangkau masyarakat agar mempunyai akses ke perbankan disini, yang berlaku adalah suku bunga pasar, tetapi perbankan tidak lagi berada di awang-awang.
Mereka mendekatkan diri dengan masyarakat agar bisa diakses tidak hanya itu perbankan juga mempunyai misi untuk mengedukasi masyarakat agar memahami dunia keuangan perbankan akan masuk kewilayah yang sama sekali tidak mengenai bank, bahkan mereka adalah yang selama ini sama sekali tidak bersentuhan dengan bank.potensi pasar di wilayah itu masih besar karena setidaknya baru 20 persen penduduk indonesia yang mengakses perbankan.
Setelah berbagai upaya inklusif diatas,kini perbankan mencoba upaya baru.saat ini ada lima bank yang mengikuti program percontohan dalam inklusi keuangan melalui perbankan Nirkantor(Branchless banking).dalam waktu dekat,mereka akan melaporkan hasil dari percontohan itu ke Bank Indonesia sebelum bank sentral ini mengeluarkan kebijakan terkait dengan Perbankan Nirkantor itu.

ANALISIS

INKLUSI KEUANGAN
Merupakan suatu progam yang dicetuskan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan september tahun 2010.progam ini dibuat bertujuan umtuk mengajak masyarakat internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan.melalui inklusi keuangan yang inovatif demi  mencapai masyarakat yang sejahtera.

SOLUSI
Dengan adanya progam inklusi keuangan ini, diharapkan pihak-pihak ataupun penyelengara banyak melakukan pendekatan ke masyarakat, memberi pengetahuan atas program maksud dan tujuan progam tersebut ,dengan cara penyelengara banyak peyuluhan di setiap daerah, agar mempermudah memahami progam tersebut. selain itu juga memberikan modal yang bunganya relatif kecil dengan proses yang tidak dipersulit.

KESIMPULAN
sebenarnya usaha inklusi keuangan sudah lama ada.beberapa cara sudah dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan akses keuangan.perbankan tidak lagi berkantor disatu tempat yang jauh dari nasabahnya,tetapi masuk langsung kelokasi nasabah, sepeti pasar.bahkan,ada juga perbankan yang membuat layanan bergerak agar bisa mendekatkan diri dengan nasabah. Salah satu titik pijak inklusi keuangan yang baru adalah ketika dalam sebuah acara pada september 2010 Presiden SBY mengajak masyarakat internasional membrantas kemiskinan dengan menciptakan terobosan dan inovasi inklusi keuangan


BUMN
 LUMAYAN, TETAPI TIDAK SEMUA
M CLARA WRESTI
KOMPAS 23 OKTOBER 2013

Penyelenggara sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374 baru saja Selesai.semuanya berjalan dengan baik.keberhasilan penyelenggaraan ini tidak lepas dari peran badan usaha milik negara yang sangat aktif mengambil bagian dari perhelaan akbar itu.
Kehadiran infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi kelas dunia yang digelar oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.(Telkom) menuai pujian dari delegasi dan perserta yang hadir.kapasitas jaringan yang disediakan BUMN bidang telekomunikasi dan Informatika ini empat kali lebih besar daripada kapasitas jaringan dalam penyelengaraan KTT APEC di Vladivostok,Rusia, Tahun lalu.
Disamping itu,PT. Jasa Marga Tbk,juga BUMN,telah berhasil membangun jalan dan jembatan tol diatas teluk Benoa sehingga perjalanan kendaraan dari Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua bisa lancar.pengbangunan tol Benoa merupakan perkerjaan “keroyokan” BUMN karena dilakukan dan didanai oleh BUMN.
Sementara itu,PT. Angkasa Pura Satu dan PT. Angkasa Pura Dua sedang melakukan perluasan bandara Ngurah Rai Denpasar dan Bandara Soekarno-Hatta.sementara PT.Pelabuhan Indonesia II sedang membangun pelabuhan kalibaru yang jadi perluasan Tg.Priuk.semua pembangunan bandara dan pelabuhan ini tidak menggunakan APBN.melaikan menggunakan Belanja modal BUMN masing-masing.
Pengamat BUMN yang juga mantan sekertaris kementrian BUMN Sait Didu mengatakan, belanja modal semua BUMN mencapai Rp.2000 triliun. Badingkan dengan pendapatan domestik bruto (PDB) yang mencapai Rp.8000 triliun jadi belanja BUMN itu mencangkup 25-30 persen PDB kita, kata Said.
Namun,kibaran harum ternyata tidak terjadi di semua BUMN. Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sebuah kesempatan mengatakan pada semester I-2013 ada 30 BUMN ini ada 6 yang kinerja nya merosot cukup nyata. “saya tidak mengungkapkan keenam BUMN itu. Tetapi,saya berharap, kinerja semua BUMN di tingkatkan sehingga bisa membaik di akhir tahun sekarang masih ada waktu untuk bekerja keras, kata Dahlan.

ANALISIS
"Yang pertama adalah menggandakan upaya sesuai dengan Bogor Goals. Kami berbagi pandangan, bahwa semua ekonomi di APEC harus terus tumbuh," ujar SBY.
Poin yang kedua, adalah APEC sepakat mendukung perdagangan di dalam kawasan Asia Pasifik atau perdagangan antar kawasan. Ini termasuk fasilitas perdagangan, pembangunan kapasitas, dan pembentukan sistem pertdagangan multilateral. "Kami juga sepakat untuk menyukseskan konferensi WTO di Bali pada Desember 2013," jelas SBY.

Selanjutnya, para pemimpin ekonomi di Asia Pasifik ini juga sepakat untuk mempercepat pengupayaan pembangunan yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah. "Dengan konektivitas bisa mengurangi biaya," kata SBY.
Poin keempat, APEC setuju untuk bersama-sama menjaga suatu pertumbuhan ekonomi global yang berimbang dan berkelanjutan. APEC juga berkomitmen untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta pemberdayaan peran perempuan.
Sedangkan poin kelima negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk bekerjasama di bidang energi. Selanjutnya poin keenam, pemimpin ekonomi APEC ini juga mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan KTT G20.
"Ketujuh, kami mendukung perdagangan dan investasi di kawasan APEC," kata SBY
.





PUSAT PERTUMBUHAN
EKONOMI ASIA YANG BERSINAR
SIMON SARANGGIH
KOMPAS 25 Oktober 13

Dibelahan lain dari trans-antlantik,keadaan sama buruknya.ada timbunan hutang Amerika Serikat yang mencapai 16,7 triliun Dollar AS. Lebih ironis lagi,ada keterbelahaan mendalam kongres AS yang menyebabkan pembahasan anggaran beberapa kali terancam buntu.
Perbedaan filsafat dan ideologi republik dan demokrat menjadi akar lain persoalan politik AS,yang berimbas ke sektor perekonomian.ada pula unsur anarkisme tea party,pilar utama republiken,yang memeang tidak menghendaki peran pemerintah dalam hal apapun.setidakya,selama demokrat berkuasa atau hingga kekuasaan Presiden AS Barack Obama berakhir pada 2016,bentrokan tampak tidak bisa dieliminasi.
“mesin telah rusak... warga tidak bisa memiliki gambaran jelas apakah negara ini bisa diselamatkan atau tidak,”kata senator Ricard J Durbin(Demokrat –II-lionis)dalam vidio disitus New York times edisi 13 oktober.ini dia dikatakan setelah kegagalan negoisasi antara repobliken dan demokrat untuk mengakhiri penutupan kegiatan pemerintahan dan pencapai kesepakatan anggaran.
Tampaknya republiken,terutama akibat dorongan tokoh utama Tea party,Tedcruz,senator republiken asal texas,tidak ingin membiarkan Obama meliliki reputasi besar soal pemerintahan.”itulah yang mereka inginkan pemerintahan tidak jalan,”kata ketua senat As haryy ried.
Lepas dari itu, borok-borok ekonomi trans-atlantik sudah mengakar dalam.trans-atlantik sudah mengidap penyakit akud ekonomi ditandai krisis demi krisis sejak 2001.sejak awal dekade 2000,tercatat fluktuasi ekonomi yang dipicu letupan-letupan krisis kepercayaan dibelahan trans-atlantik.
Itulah penyebab perekonomian global mengalami fluktuasi besar sepanjang dekade 2000-an.hal ini turut mempengaruhi ekspor asia,yang banyak ditunjukan ke trans-atlantik.karena itu, pada gejolak selanjutnya,bisa dikatakan tidak aman dari gejolak trans-atlantik.

ANALIS
Ekonomi Indonesia bisa tumbuh pesat dan maju dengan dukungan ekspor sumber daya alam dan industrialisasinya. Selain itu, kedekatan Indonesia dengan China bisa menguntungkan apabila bisa meningkatkan kapasitas manufakturnya dengan produk yang nilai tambahnya tinggi, sehingga bisa memasok kebutuhan China akan barang modal dan penolong. Oleh karena itu, Indonesia harus bisa mengatasi masalah ekonominya, khususnya infrastruktur buruk yang dihadapinya.
Masa depan yang cerah bagi Indonesia juga diramalkan oleh Goldman Sachs yang tahun 2005 menelurkan Next Eleven (N-11), yang diperkirakan akan memiliki kekuatan ekonomi besar seperti BRIC. Indonesia menjadi bagian dari N-11 tersebut karena memiliki potensi untuk menjadi ekonomi penting jika dapat menjaga pertumbuhan ekonominya yang berkelanjutan, sehingga ekonomi Indonesia bisa berada pada posisi 14 di dunia pada 2025, pada 2050 Indonesia bisa berada pada posisi tujuh, salah satu kekuatan ekonomi dunia Ini berarti bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar pada masa mendatang, perlu menjaga keberlangsungan pertumbuhan ekonominya serta mengatasi masalah ekonominya yang masih banyak.











PROGRAM KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM TAHUN 2014
KOMPAS 25 AKTOBER 2013

Memasuki era milinium ketiga dewasa ini,Indonesia dan seluruh negara didunia memasuki era kompetisi antar-negara yang ketat. Dapat dikatakan bahwa posisi peran suatu bangsa dalam konstelasi perekonomian dunia akan banyak ditentukan oleh daya saingnya secara relatif terhadap bangsa lain.semakin baik daya saing suatu bangsa maka semakin diperhitungkan pula peran dan posisi bangsa tersebut serta semakin besar peluang untuk investasi asing, salah satru faktor yang menentukan daya asing nasional adalah ketersediaan dan kualitas infra strukturnya.
Bagi indonesia, infrastruktur merupakan salah satu motor pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan daya saing di dunia internasional.memalui kebijakan dan komitmen pembangunan infrastruktur yang tepat,maka hal tersebut diyakini dapat membantu mengurangi masalah kemiskinan,mengatasi persoalan kesenjangan antar-kawasan maupun antar-wilayah,memperkuat ketahanan pangan,dan mengurangi tekanan urbanisasi yang secara keseluruhan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Pembangunan infrastruktur pekerjaan umum dan pemukiman mempunyai manfaat langsung untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan kualitas lingkungan, karena semenjak tahap kontruksi telah dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekaligus menggerakan sektor rill.sementara pada layanan,berbagi multiplier ekonomi dapat dibangkitkan melalui kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur. infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman yang telah terbangun tersebut pada akhirnya juga akan dapat memperbaiki kualitas permukiman.disamping itu, infrastruktur PU dan permukiman juga berperan sebagai pendukung kelancaran kegiatan sektor pembangunan lainnya antara lain sektor pertanian, industri,ke;autan dan perikanan.pembangunan infrastruktur PU dan pemukiman karenanya berperan sebagai stimulan dalam mendukung perkembangan ekonomi wilayah yang signifikan.

ANALISIS
Program kementrian umum tahun 2014 melakukan Alokasi tersebut akan dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai program, antara  lain:
 (1) program modernisasi alutsista dan nonalutsista/sarana dan prasarana matra darat;
(2) program modernisasi alutsista dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas  sarana dan prasarana matra udara;
(3) program modernisasi alutsista dan nonalutsista serta pengembangan fasilitas sarana dan prasarana matra laut;
(4) program pengembangan teknologi dan industri  pertahanan; dan
 (5) program modernisasi alutsista/nonalustista/sarpras integratif.















RAPBN 2014
IRONI ANGGARAN NEGARA KAYA
GIANIE
KOMPAS, 25 0KTOBER 2013

Paket kebijakan pemerintah pada 22 agustus lalu untuk merendam pemburukan otonomi akan perpengaruh pada pendapatan negara tahun 2014.jika tidak hati-hati,keseimbangan primer bisa membengkak dari yang sudah direncanakan dalam RAPBN 2014.disisi lain,alokasi belanja negara memperlihatkan ironi pemerintah.

Sejak tahun 2012, keseimbangan primer anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN),yakni pendapatan dikurangi belanja diluar pembayaran utang,sudah minus.meskipun rasio devisit anggaran terhadap produk domestik bruto (PDB) masih dalam batas aman (kurang dari 3%), keseimbangan primer yang negatif menjadi sinyal tidak sehatnya APBN.
Dalam RAPBN 2014, pemerintah memperkirakan keseimbangan primer masih minus dengan angka lebih kecil,yakni Rp. 34,7 triliun tahun 2012 keseimbangan primer devisit Rp.52,8 triliun yang membengkak minus Rp.111,752.8 triliun pada APBN perubahan 2013.
Ada dua cara mengatasi devisit keseimbangan primer : menambah pendapatan atau efesiensi belanja.cara pertama akan bertabrakan dengan beberapa kebijakan ekonomi pemerintahan untuk menyelamatkan perekonomian akibat merosotnya nilai tukar rupiah dan saham.
Kebijakan pengangguran pajak sebagau insentif industri padat karya dan penghapusan pajak penjualan atas barang mewah jelas akan mempengaruhi pendapatan negara.ditambah pula dengan pemberian insentif tax holiday untuk mepercepat investasi berbasis agro, minyak sawit mentah (CPO) , kakao, rotan, mineral logam,bauksit,dan tembaga.apalagi jika membengkak,menurunnya sumber pendapatan akan memperbesar devisit keseimbangan primer.

Pendapatan negara dalam RAPBN 2014 direncanakan Rp.1662,5 triliun ,naik hampir 11 persen dari APBN-P 2013.sekitar 80 persen pendapatan tetap berasal dari penerimaan pajak ,yakni Rp.1.30,2 triliun,tren penerimaan selalu meningkat,kali ini 14 persen dengan laju agak menurun.penerimaan dari pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai menyadi sumber penyumbang terbesar.

ANALISIS
Alokasi tersebut akan dimanfaatkan  untuk melaksanakan berbagai program dengan output antara lain: (1) tercapainya jumlah  dosen PNS yang menerima tunjangan profesi sebanyak 47.896 dosen, dan Angka Partisipasi  Kasar Perguruan Tinggi (APKPT) 19-23 tahun sebesar 26,7 persen, serta tercapainya satker  penerima dana masyarakat sebanyak 103 satker; (2) tercapainya jumlah siswa SD/SDLB dan  SMP/SMPLB penerima subsidi siswa miskin sebanyak 8.062.561 siswa dan 2.893.187 siswa; (3) tercapainya peserta didik SMA/SMK yang mendapatkan BOS SMA sebanyak 4.384.026 siswa dan BOS SMK sebanyak 4.303.201 siswa serta jumlah peserta didik SMA dan SMK yang mendapat BSM sebanyak 759.975 siswa dan 937.000 siswa;
(4) tercapainya jumlah anak  putus sekolah dan lulus sekolah menengah tidak melanjutkan yang mendapatkan layanan pendidikan keterampilan berbasis kecakapan hidup, bersertifikat, dan bekerja sebesar 19 persen; (5) tercapainya pendidik tenaga kependidikan yang mengikuti peningkatan kompetensi dan profesionalisme di bidang pertanian dan perikanan sebesar 70 persen; dan (6) tercapainya jumlah masyarakat yang mengapresiasi cagar budaya sebanyak 68.114 orang dan jumlah koleksi  museum yang dikelola sebanyak 13.073 koleksi.








PERBANKAN
INDONESIA,
 PASAR YANG MENGGODA
KOMPAS,25 OKTOBER 2013

Ini gambaran perbankan di indonesia per triwulan II-2013 berdasarkan data bank indonesia.ada 120 bank umum,konvensional dan syariah,dengan jumlah kantor 17.504 dan aset Rp 4.461 triliun.jumlah itu masih ditambah 1.641 triliun bank perkreditan rak yat,kovensional dan syarih,dengan 4.568 kantor dan aset Rp 71,901 triliun mari kita bicara tentang bank umum yang skalanya lebih besar.
tanpa menafikan keberadaan bank perkreditan rakyat,yang diarahkan untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas di sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374 triliun indonesia memiliki 250 juta penduduk yang tersebar dari sabang dari mauroke dari miangas sampe pulau rote.
Sekitar 11,6 persennya termaksud kelompok masyarakat miskin dengan keterbatasan akses informasi,infrastruktur terbatas,dan pendidikan yang belum merata,akses terhadap institusi keuangan juga belum menyeluruh jangankan akses,informasi mengenai layanan institusi keuangan formal masih sangat terbatas berdasarkan data global financial inclution indeks dunia 2011, baru sekitar 20 persen penduduk indonesia berusia diatas 15 tahun yang memiliki akun atau rekening dilembaga keuangan formal.adapun yang memiliki simpanan di lembaga keuangan baru sekitar 15 persen dari jumlah penduduk indonesia yang berusia diatas 15 tahun.
Padahal,indonesia adalah negara yang pertumbuhan ekonoinya cukup di perhatikan saat ini.bank dunia memperkirakan produk domestik bruto indonesia akan tumbuh 5,6 persen tahun ini dan 5,3 persen tahun 2014.dari sisi jumlah kelas menengah diindonesia, juga terus meningkat.bedasarkan data bank dunia, kelas menengah diindonesia sekitar 37,7 persen dari jumlah penduduk indonesia pada tahun 2003 yang meningkat pesat menjadi 56,5 persen pada tahun 2010.dengan demikian,tahun 2010 ada sekitar 100 juta penduduk indonesia yang pengeluarannya 2,20 Dollar AS atau Rp. 20.000-Rp 200.000 perhari.


ANALISIS

“Indonesia pasar yang menggoda”mungkin anda bingung dengan maksud kalimat tersebut.mengapa indonesia bisa disebut pasar yang menggoda,hal ini terjadi karena per tiap tahunnya dari jumlah kelas menengah diindonesia mengalami peningkatan dalam taraf ekonomi,dan segala kelebihan indonesia adalah pasar bagi industri tidak saja indrustri gadget,pakaian bermerk,mobil sport,tetapi indonesia juga menjadi pasar bagi indrustri perbankan.


KESIMPULAN
 perbankan di indonesia per triwulan II-2013 berdasarkan data bank indonesia.ada 120 bank umum,konvensional dan syariah,dengan jumlah kantor 17.504 dan aset Rp 4.461 triliun.jumlah itu masih ditambah 1.641 triliun bank perkreditan rak yat,kovensional dan syarih,dengan 4.568 kantor dan aset Rp 71,901.
sejumlah daerah sekitar 80 persen aset bank umum atau sekitar Rp.3.568 triliun dikuasai 14 bank umum.selebihnya,Rp. 892 triliun,merupakan penjumlahan aset 106 bank umum.bank umum megucurkan kredit Rp.2.959 triliun per juni 2013.data pihak ketiga yang dihimpun mencapai Rp.3.374

Tidak ada komentar:

Posting Komentar